https://jdih.tanggamus.go.id/wp-content/uploads/2016/02/27-01-16-gmbr1.jpg
SHARE
http://jdih.tanggamus.go.id

Bandar Lampung – Pentingnya pemenuhan informasi hukum bagi masyarakat, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus mempercayakan Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya dalam pengembangan web Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Tanggamus.

Hal tersebut dituangkan dalam perjanjian kerjasama tentang pendidikan, pelatihan, dan pengembangan web Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Tanggamus yang telah ditandatangani Wakil Rektor I IBI Darmajaya, Drs. Envermy Vem., MSc dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Nurfendi, Sm. Hk di kampus setempat, Jumat (22/01).

Nurfendi mengatakan, kerjasama tersebut meliputi sewa server jaringan, pengembangan web JDIH, pendidikan, dan pelatihan operator. Diungkapnya, JDIH adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan yang beranggotakan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi, dan informasi hukum.

 

“Secara sederhana, JDIH menyediakan informasi peraturan perundang-undangan lintas sektor sehingga dapat diakses masyarakat. Apalagi dalam perspektif keterbukaan informasi, peraturan perundang-undangan adalah informasi yang terbuka. Sudah bukan zamannya lagi instansi pemerintah menganggap peraturan sebagai informasi yang rahasia,” ujarnya.

Menurutnya, perguruan tinggi berjulukan kampus biru ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Lampung yang mumpuni dibidang IT. Selain itu, perjanjian kerjasama tersebut juga bentuk tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus dengan IBI Darmajaya beberapa waktu lalu.

“Perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi semakin mendorong pentingnya sistem JDIH dibangun. Kami menilai IBI Darmajaya memiliki SDM yang mumpuni dibidang IT, karena itu Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus menggandeng IBI Darmajaya dalam pengembangan JDIH sehingga lebih mudah diakses masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I IBI Darmajaya, Drs. Envermy Vem., MSc mengatakan, untuk mendukung terciptanya e-government (pemerintahan berbasis elektronik), Darmajaya juga telah mengembangkan 25 web desa dari 6 kecamatan di Kabupaten Tanggamus yang dibuat oleh mahasiswa dari Program Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM).

Melalui program PKPM ini, mahasiswa dilatih untuk terjun langsung ke masyarakat. Mereka juga menjalankan sejumlah program seperti pembuatan web desa, pendampingan ke unit usaha ekonomi kecil menengah, serta penguatan tata pamong dalam menciptakan sistem informasi desa yang transparan, akuntabel dan aspiratif. Banyak program kerjasama lainnya yang akan dilakukan IBI Darmajaya bersama Pemkab Tanggamus dalam rangka meningkatkan tata kelola, mendukung terbentuknya desa informasi, dan terciptanya e-government.

“Kami berharap banyak sekali program kerjasama yang dapat dilakukan antara kedua belah pihak. Utamanya berkaitan peran kami sebagai perguruan tinggi untuk mencerdaskan anak bangsa dan turut berpartisipasi aktif memajukan daerah, khususnya di Tanggamus,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dihadiri Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum, Andi Kholil, Kepala Sub Bagian Dokumentasi, Evi Silvia, Kepala Kantor Urusan Internal dan Kerjasama (KUIK) Darmajaya, Lilla Rahmawati, S.Sos, dan Kepala Information & Communication Technology Darmajaya, Ari Purnomo, S.Kom. (*)

SHARE
http://jdih.tanggamus.go.id